Microsoft Word sendiri merupakan software termudah yang pernah saya pakai guna mengolah kata. karena tidak rumit dan masih seperti notepad. hanya saja , ms word memiliki fitur yang lebih lengkap ketimbang notepad seperti pembuatan tabel, garis, bahkan gaya tulisan seperti Tebal, italic, bahkan Garis bawah .
Ms Word sendiri sangat berguna di kehidupan sekarang , mengingat banyaknya keperluan menyangkut pengetikan seperti pembuatan proposal, makalah dan bahkan pembuatan skrip cerita.
dengan adanya penggunaan Microsoft Word memudahkan banyak orang dalam mengerjakan tuugas..
Microsoft sendiri pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word
Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
sebagai pengenalan dasar, berikut gambaran lembar kerja pada Microsot Word 2010
baik, setelah anda memperhatikan lembar kerja Microsoft Word tersebut, anda sudah mengenal paling tidak sedikit banyak tentang microsoft word.
sekarang mari kita bahas mengenai Microsoft Word lebih dalam lagi,
FUNGSI TOMBOL TOMBOL MICROSOFT
WORD
1. File
Menu file
berfungsi untuk membuat, membuka, menyimpan, mencetak, mengatur ukuran halaman
hingga menutup suatu dokumen yang kiti tool-tool yang terdapat dalam menu file
fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu File.
Fungsi Menu File :
Fungsi Menu File :
Open (Shortcut CTRL + O) : Untuk membuka file dokumen yang pernah kita buat
Close (Shortcut ALT + F4) : Untuk menutup file yang sudah sedang aktif
Save (Shortcut CTRL + S) : Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan.
Save as : Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file baru.
Web Page Preview : Untuk menampilkan file yang aktif sebagai halaman web dalam browser sehingga kita dapat melihat seperti apa dokumen yang dibuat sebelum diterbitkan/dicetak.
Safe and Send : Untuk mengirim dokumen ke media lain seperti Microsoft Powerpoint dan menyimpan Berkas yang dikirim
Properties : Untuk menampilakn informasi tentang dokumen yang aktif
Exit (ALT + F4) : keluar dari program Microsoft Office
2. Edit
Menu Edit berfungsi untuk mengedit (melakukan perubahan dengan cara
menambah, menghapus, memotong, menyalin, membatalkan, mengatur pemunculan
objek, dan lain-lain. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang
terdapat dalam menu Edit.
Fungsi Menu Edit :
Replace : untuk mengganti kata
3. View
Menu View berfungsi untuk mengatur tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu View.
Menu View berfungsi untuk mengatur tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu View.
Fungsi Menu View :
Navigation Pane (Shortcut CTRL + F) : untuk membantu mencari kata dalam lembar kerja
View Side By Side : membuat dua Dokumen Office Word yang sedang terbuka terlihat berdampingan dalam satu layar guna untuk membedakan Konten yang terkandung didalamnya
Ruler : untuk menampilkan dan menyembunyikan/menghilangkan penggaris yang ada di atas area kerja
Zoom : untuk memperbesar tampilan
4. Insert
Menu insert berfungsi untuk menyisipkan teks, tanggal atau waktu, simbol, diagram, file, objeck, dan sebagainya. Selain itu dapat digunakan untuk memberi nomor halaman pada dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu insert.
Fungsi Menu Insert :
Picture : untuk menyisipkan gambar
Diagram : untuk menyisipkan diagram
Text Box : untuk menyisipkan text box
Bookmark : untuk menyisipkan bookmark
Hyperlink : teks atau grafik yang kita kirimkan ke suatu file, dokumen HTML
5. Format
Menu Format berfungsi untuk menentukan jenis huruf, paragraf, memberikan penomoran, membuat jenis kolom dalam teks, memberi bingkai dan arsiran, mengatur huruf besar dan kecil dan berbagai hal yang berkaitan dengan format dokumen. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi menu format, berikut berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu format.
Fungsi Menu
Format :
Font :
untuk menentukan jenis huruf dan atributnya.Paragraph : untuk menentukan jenis paragraf
Bullet and Numbering : untuk memberikan bullet dan penomoran
Border and Shading : untuk memberikan bingkai dan arsiran
Columns : untuk membuat jenis columns
Tabs : untuk menentukan batas tabulasi
Drop Cap : untuk memberikan efek drop cap (Huruf Pertama dari Kalimat akan memiliki ukuran yang lebih besar daripada huruf selanjutnya)
Text Direction : untuk mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik pada Text Box
Change case : untuk mengatur huruf besar dan kecil
pada Change Case ada beberapa Pilihan untuk mengatur letak huruf Kapital pada teks yang dipilih.
Sentense Case
merupakan pilihan pada Change Case untuk membuat Huruf Kapital hanya di awal kata pada teks yang dipilih
Contoh :
Kjp group
Lowercase
merupakan pilihan pada Change Case untuk membuat teks yang dipilih tidak memiliki huruf Kapital baik di awal, maupun di akhir kalimat.
Contoh :
kjp group
Uppercase
merupakan pilihan pada Change Case untuk membuat teks yang dipilih menjadi Huruf Kapital secara keseluruhan
Contoh :
KJP GROUP
Capital Each Word
merupakan pilihan pada Change Case untuk membuat teks yang dipilih menjadi Kapital disetiap awal kata.
Contoh :
Kjp Group
Toggle Case
merupakan pilihan pada Change Case untuk membuat teks yang dipilih Kapital kecuali di awal kalimat.
Contoh :
kJP gROUP
Page Color : untuk memberikan warna latar belakang dokument yang dikerjakan
Theme : untuk mengatur format tampilan theme yang akan digunakan pada sebuah halaman web, dokumen, dan pesan email.
Frame : untuk membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkan di sebelah kiri halaman frame.
Auto Format : untuk mengubah format menjadi format dokumen atau surat
Styles and Formating : untuk mengubah style dan format
Reveal and Formating : untuk menampilkan task panel reveal formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks.
Object : untuk memformat object
6. Tools
Menu Tools berfungsi untuk memeriksa ejaan, memilih bahasa yang dikehendaki, menghitung banyak kata atau karakter, memproteksi dokumen, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Tools berikut ini.
Fungsi Menu Tools :
Spelling and Grammar : untuk memeriksa ejaan (biasanya berbasis kepada format English seperti bawaan Windows)
Language : untuk memeriksa ejaan
File Broken Text : untuk mengatur dan menyusun text yang berantakan atau tak beraturan (fasilitas ini terdapat dalam Microsoft Word Window XP)
Word count : untuk menghitung banyaknya kata, paragraf, baris, karakter, dan halaman
Auto Summarize : untuk merangkum poin-poin secara otomatis dalam dokumen
Speech : untuk mengubah perintah keyboard/mouse dengan suara menggunakan bahasa yang dikenal oleh Microsoft Office
Track Change : untuk menandai perubahan-perubahan yang dilakukan dalam dokumen terakhir/baru atau yang sedang dikerjakan, dan mencatat setiap perubahan tersebut saat dilihat kembali.
Compare and Combine Document : untuk membandingkan dan menggabungkan dokumen
Protect Document : untuk memproteksi dokumen
7. Table
Menu Table berfungsi untuk membuat tabel, menyisip tabel dalam teks dokumen, mengurutkan data, dan segala hal yang berkaitan tabel. Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Table berikut ini.
Fungsi Menu Table :
- Draw Table : untuk menggambar tabel
- Insert : untuk menyisipkan tabel, kolom, baris, atau sel
- Delete : untuk menghapus table, kolom, baris, atau sel
- Select : untuk menyeleksi tabel, kolom, baris, atau sel
- Merge Cells : untuk menggabungkan sel-sel terpilih
- Split Cells : untuk membagi sel kolom pada tabel menjadi beberapa sel kolom yang lebih kecil
- Split Table : untuk memisahkan tabel
- Table auto Format : untuk membuat format tabel secara otomatis
- Autofit : untuk menyesuaikan lebar kolom pada tabel dengan lebar window secara otomatis
- Heading Rows Repeat : untuk menunjuk baris terpilih untuk menjadi heading table yang diulang pada halaman selanjutnya.
- Convert : untuk mengkonversi bentuk teks ke bentuk tabel atau sebaliknya
- Sort : untuk mengurutkan data
- Formula : untuk memberikan formula (perhitungan matematika)
- Show Gridlines : untuk memunculkan atau menyembunyikan garis bantu
- Table Properties : untuk menampilkan properties untuk tabel
8. Window
Menu Window berfungsi untuk membuka jendela baru, menyusun semua jendela yang aktif dan melihat dokumen yang sedang aktif. Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Windo berikut ini.
Fungsi Menu
Window :
- New Window : untuk membuka jendela baru
- Arrange All : untuk menyusun semua jendela yang aktif
- Split : untuk membagi lembar kerja yang aktif menjadi dua bagian
- 1 Document2 : untuk melihat seluruh dokumen yang aktif
9. Help
Salah satu fungsi Menu Help adalah memunculkan fasilitas help yang bisa membantu kita menyelesaikan masalah yang dihadapi pada saar menggunakan fasilitas Microsoft Word, termasuk informasi mengenai suatu ikon. Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Help berikut ini.
Fungsi Menu
Help :
- Microsoft Word Help : untuk memunculkan fasilitas help yang bisa membantu kita menyelesaikan masalah.
- Show the Office Assistant : untuk menampilkan atau menyembunyikan office assistant
- What’s This : untuk meminta penjelasan mengenai icon yang ditunjuk
- Office on the Web : untuk meminta informasi terkini dari office web site
- Activate Product : untuk memunculkan Activate Product
- Word Perfect Help : untuk memberikan informasi bagi pemakai Word Perfect
- Detect and Repair : untuk mencari dan memperbaiki kesalahan secara otomatis
- About Microsoft Word : untuk menampilkan informasi mengenai program Microsoft Word yang kita gunakan.
CARA PENGOPERASIAN MICROSOFT WORD
Cara Pengoperasian Microsft Word tergolong mudah mengingat penggunaannya seputar pengetikan saja. dan tidak terkait pada Rumus juga Pengolahannya seperti Work sheet pada Blogger.
Jadi , its kind of easy to use.
oke, right now, i`m gona teach u guys about bagaimana caranya membuat Tampilan Pengetikan anda terlihat menarik.
Meliputi Ukuran Kertas, Font , Spacing, Background, Tabel juga beberapa masukan dari Pengalaman Pribadi saya selama bekerja dengan Microsoft Word.
baiklah, langsung saja kita bahas Beberapa Trik dan Cara Mudah bekerja Pada Lembar Kerja Microsoft Word
CARA MERUBAH SPACING PADA MICROSOFT WORD
Langkah Pertama, buka Microsoft Word pada Komputer anda, kemudian Pilih Tab Page Layout pada barisan Tab Home, setelah itu, ubah Spacing dari 10pt. menjadi 0pt.
lihat gambar untuk lebih detailnya.
setelah merubah menjadi 0pt. anda bisa mengetik dengan rapi .
namun, dalam Makalah para Dosen meminta untuk membuat Spacing nya menjadi 1,5 atau 2 atau 1,15.
hal ini disesuaikan bukan dari Page Layout, melainkan dari Spacing di Home.
lihat gambar
pada gambar diatas, merupakan Button untuk menyesuaikan Spacing sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.
yang perlu anda lakukan hanyalah block semua ketikan anda, lalu sesuaikan Spacing seperti kebutuhan anda.
setelah disesuaikan, anda tinggal perlu merapikan beberapa Kalimat yang mungkin tergeser kebawah pada ketikan anda.
CARA MERUBAH PAPER SIZE PADA MICROSOFT WORD
Paper Size berguna untuk menyesuaikan Ukuran Kertas pada saat ketikan akan di Print.
Penyesuaian Paper Size biasanya sudah dilakukan diawal Pengetikan, tapi, ada beberapa orang yang kurang mengerti perbedaan antara Opsi Peper Size tersebut pada Microsoft Word
Sebenarnya, cukup berbeda antara ukuran Letter, A4, F4/ Legal, Executive, A5.
dan Penyesuaian dibutuhkan untuk membuat Tulisan yang rapi saat memindahkan Ukuran Letter menjadi A4 atau A4 menjadi Executive atau Legal menjadi A4.
Bagi anda yang belum mengetahui letak Paper Size pada Microsoft Word , lihat gambar.
namun, berbeda bila anda ingin mengubah Ukuran Kertas anda menjadi F4/ Legal
sebenarnya, Ukuran F4/ Legal adalah 8,5 x 13 cm. namun pada Microsoft Word, terformat 8,5 x 14 cm. jadi anda harus merubah 14cm tersebut menjadi 13cm secara Manual
caranya ?
Setelah anda membuka Page Layout Microsoft Word pada Toolbar, Pilih Page Setup (Lihat Gambar)
setelah itu, akan muncul tampilan Page Setup yang lebih rinci seperti ini
Kemudian Pilih Paper, lalu Ubah Height pada Format Kertas Legal menjadi 13.
CARA MEMBUAT TITIK TITIK PADA DAFTAR ISI MENJADI RAPI DAN SAMA PANJANG
Pembuatan Titik Titik pada Daftar isi biasanya dilakukan secara manual oleh kebanyakan orang, kan ?
dan, akui lah... terasa sangat mengesalkan apabila panjang dari titik - titik tersebut tidak sama atau bergeser beberapa mili dari titik diatasnya. ohh, i know that feel better then any one dude lol
so, disini saya akan memberikan sedikit trik agar memudahkan para Mahasiswa untuk membuat Daftar isi tanpa harus Ribet menyesuaikan Titik - titik tersebut yang kadang sampai memakan waktu berjam jam.
Langkah Pertama,
Buka Microsoft Word anda, Buka Page Layout, lalu Klik tombol Paragraph di Page Layout tersebut,
lalu akan muncul jendela seperti dibawah ini
Lalu Pilih Tombol Tabs . . . tersebut, akan muncul jendela ini
lalu, tetapkan 2 Angka yang anda ukur melalui Penggaris di atas Lembar kerja anda,
Angka Pertama di set pada None untuk Tab Pertama lalu tekan Set.
Angka Kedua untuk Tab kedua dan di Set pada Motif yang anda inginkan, apakah garis, apakah titik titik , atau lainnya.
INGAT, JANGAN LUPA TEKAN SET pada setiap Angka yang anda Tetapkan Motifnya.
setelah anda melakukan itu, yang perlu anda lakukan untuk membuat Titik - titik yag rapi hanyalah menekan Tab pada Keyboard anda.
lalu hasilnya akan seperti ini
anda ketik, lalu anda tekan Tab , apabila belum sampai pada batas pertama pada angka yang anda tetapkan pada Gambar pertama.
Apabila Panjang Ketikan anda belum sampai pada Tab di Angka yang anda tetapkan pertama kali (Motif None) maka tekan lah tab sekali lagi untuk memunculkan motif yang anda set pada Angka kedua,
apabila telah melewati Angka Pertama, maka anda hanya perlu menekan Tab 1 kali lalu sisanya akan di sesuaikan oleh Sistem.
CARA MEMBUAT WATER MARK PADA LEMBAR KERJA MICROSOFT WORD
Mungkin menurut beberapa Orang Water Mark tidak terlalu diperlukan untuk pengerjaan Pengetikan seperti makalah atau Surat.
namun, tanpa disadari, Watermark berperan penting untuk anda, agar karya anda dikenali.
Jangankan Surat, sedangkan Blog ini saja saya beritahukan nama saya sendiri. walaupun ini blog perusahaan. lol jadi Curhat
Watermark bisa diletakkan di Belakang Tulisan secara samar - samar akan terlihat oleh Pembaca dari Lembar Kerja yang anda Print.
Langsung saja,
Buka Microsoft Word anda,
Pilih Page Layout lalu pilih Watermark pada Kolom Page Background lalu Pilih Custom Watermark, lalu akan muncul jendela menu seperti ini
disitu ada beberapa pilihan No Watermark, Picture Watermark dan Text Watermark
anda tinggal memilih Watermark sesuai dengan keinginan anda, dan anda dapat mengatur Posisi Watermark tersebut di Jendela Menu Watermark tersebut.
sebagai Contoh saya akan membuat Watermark dari Text Watermark dengan Tulisan "KJP Group"
Setelah saya membuka Microsoft Word, saya membuka Panel Window Watermark , lalu saya memilih Text Watermark
setelah saya menyesuaikan font yang saya inginkan, lalu saya tekan Aply untuk pratinjau.
apabila dalam keadaan Diagonal Watermark akan miring sepanjang Lembar kerja.
seperti ini
namun bila Horizontal, maka akan menjadi lurus dari kiri ke kanan sepanjang Lembar kerja, seperti ini
setelah menyesuaikannya dengan apply untuk pratinjau, anda bisa tekan Close pada Jendela Perintah Watermark .
lalu berikutnya, mari bahas tentang membuat tabel pada Microsoft Word.
membuat Tabel pada Microsoft Word sangat mudah, bahkan anda bisa mengkreasikan bentuk dan pola dari tabel itu sendiri dengan mudah seolah anda menggambarnya (secara harfiah, anda memang bisa menggambar tabel pada microsoft word)
yosh, cektiddot aja.
saya akan membuat tabel seperti ini pada Microsoft Word
dengan colums yang hanya 3 dan rows yang berjumlah lebih dari 10, maka anda tidak bisa meng - insert tabel dari tabel kolom, anda harus meng - insert secara manual colum dan rows nya dengan angka.
oh iya, buat yang belum tau apa itu colums dan rows pada Micrsoft Word, sini tak jelasin sek toh (loh )
secara sederhana dapat di artikan bahwa Colums adalah kolom yang horizontal sedangkan Rows adalah kolom yang Vertikal.
okeh, balik lagi ke topik (tp ,, aku kan cowok , masa balik ke topik? lol )
cara meng - insert angka jumlah colums dan rows secara manual adalah dengan cara meng - klik Table pada Toolbar Insert setelah itu klik insert table dan akan muncul jendela seperti ini
see ? 25 di Rows, dan 3 di Colums untuk meng - insert tabel seperti gambar pertama.
setelah anda meng - input seperti yang saya lakukan, lalu akan muncul hasil awal seperti ini
untuk membuat tabel seperti tampilan pada gambar pertama, maka yang harus kita lakukan dari hasil awal ini adalah menyesuaikannya dengan cara menghapus beberapa garis table (diriku tidaktahu nama formalnya >_<)
untuk menghapusnya , klik Design pada Toolbar dari Table itu sendiri, lalu klik Eraser
setelah anda menghapus garis yang tidak dibutuhkan, maka pekerjaan anda sudah selesai.
yang anda tinggal lakukan dari hasil awal itu hanyalah menyesuaikan lagi sesuai dengan kebutuhan anda.
misalnya : judul dari bar itu, atau nama - nama untuk di kolom paling atas yang biasanya digunakan untuk acuan sebuah tabel.
Suka dengan Artikel diatas ?
Download Disini
Best Regards,
KJP Group
ok min, makasih banyak sudah share
ReplyDeletepower supply hp