Friday, April 1, 2016

Pembahasan Microsoft Word

Microsoft Word merupakan Program pengolah Kata dari Microsot©

Microsoft Word sendiri merupakan software termudah yang pernah saya pakai guna mengolah kata. karena tidak rumit dan masih seperti notepad. hanya saja , ms word memiliki fitur yang lebih lengkap ketimbang notepad seperti pembuatan tabel, garis, bahkan gaya tulisan seperti Tebal, italic, bahkan Garis bawah .
Ms Word sendiri sangat berguna di kehidupan sekarang , mengingat banyaknya keperluan menyangkut pengetikan seperti pembuatan proposal, makalah dan bahkan pembuatan skrip cerita.
dengan  adanya penggunaan Microsoft Word memudahkan banyak orang dalam mengerjakan tuugas..

Microsoft sendiri pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word
Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.

Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.



sebagai pengenalan dasar, berikut gambaran lembar kerja pada Microsot Word 2010


baik, setelah anda memperhatikan lembar kerja Microsoft Word tersebut, anda sudah mengenal paling tidak sedikit banyak tentang microsoft word.
 sekarang mari kita bahas mengenai Microsoft Word lebih dalam lagi,



FUNGSI TOMBOL TOMBOL MICROSOFT WORD

1. File
Menu file berfungsi untuk membuat, membuka, menyimpan, mencetak, mengatur ukuran halaman hingga menutup suatu dokumen yang kiti tool-tool yang terdapat dalam menu file fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu File.

Fungsi Menu File :
 

New (shortcut CTRL + N) :  Untuk membuat lembar kerja bar



Open (Shortcut CTRL + O) :
Untuk membuka file dokumen yang pernah kita buat

 

Close (Shortcut ALT + F4) :
Untuk menutup file yang sudah sedang aktif


Save (Shortcut CTRL + S) : Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan.

 

Save as : Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file baru.


Web Page Preview : Untuk menampilkan file yang aktif sebagai halaman web dalam browser sehingga kita dapat melihat seperti apa dokumen yang dibuat sebelum diterbitkan/dicetak.


Page Setup : Untuk menentukan margin dan ukuran kertas.

 
Print Preview (CTRL + P) : Untuk melihat tampilan dokumen sebelum dicetak

 
Print : Untuk mencetak dokumen yang kita buat


Safe and Send :
Untuk mengirim dokumen ke media lain seperti Microsoft Powerpoint dan menyimpan Berkas yang dikirim



Properties :
Untuk menampilakn informasi tentang dokumen yang aktif






Exit (ALT + F4) :
keluar dari program Microsoft Office





2. Edit
Menu Edit berfungsi untuk mengedit (melakukan perubahan dengan cara menambah, menghapus, memotong, menyalin, membatalkan, mengatur pemunculan objek, dan lain-lain. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Edit.

Fungsi Menu Edit :

Undo : Untuk membatalkan perintah terakhir

 
Repeat/ Redo : Untuk membatalkan Undo

 
Cut : Untuk memotong suatu objek seperti kata, kalimat, gambar dan memasukkannya ke clipboard atau dokumen lain.

 
Copy : Untuk meng-copy atau menyalin suatu objek ke dalam clipboard atau dokumen lain.

 
Office Clipboard : Untuk mengatur pemunculan objek dari clipboard

 
Paste : Untuk memunculkan suatu objek dari dalam clipboard atau dokumen lain.



Paste Special : Paste dengan kriteria tertentu

 
Select  : Untuk memilih sebagian atau seluruh objek pada lembar kerja


 

Find : untuk mencari mencari kata yang dikehendaki 


Replace : untuk mengganti kata

 
Go to : untuk berpindah halaman, baris, kolom, objek, dan lain-lain.

 
Links : untuk membentuk hubungan

 
Object : untuk mengedit object



3. View
Menu View berfungsi untuk mengatur tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu View.

Fungsi Menu View :

Normal : untuk menampilkan tampilan layar yang normal atau tampilan standar (default)



 
Web Layout : untuk menampilkan tampilan editing dokumen kita ketika muncul di web browser.


 
Print Layout : Untuk menampilkan print layout yang berupa sebuah tampilan editing dokumen kita ketika akan mencetak.


 
Outline : untuk memindahkan tampilan editing dokumen kita ke tampilan outline view, sehingga kita dapat memeriksa dan bekerja dengan struktur file dokumen kita dalam bentuk outline klasik  



Navigation Pane (Shortcut CTRL + F) : untuk membantu mencari kata dalam lembar kerja

 

View Side By Side : membuat dua Dokumen Office Word yang sedang terbuka terlihat berdampingan dalam satu layar guna untuk membedakan Konten yang terkandung didalamnya



Ruler : untuk menampilkan dan menyembunyikan/menghilangkan penggaris yang ada di atas area kerja


 
Header and Footer : untuk membuat header dan footer


 
Full Screen : untuk menggunakan tampilan layar menjadi tampilan penuh layar 



Zoom : untuk memperbesar tampilan



 

4. Insert
Menu insert berfungsi untuk menyisipkan teks, tanggal atau waktu, simbol, diagram, file, objeck, dan sebagainya. Selain itu dapat digunakan untuk memberi nomor halaman pada dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu insert.

Fungsi Menu Insert :
Break : untuk menentukan jenis perpindahan

 
Page Number : untuk memberi nomor halaman

 
Date and Time : untuk menyisipkan tanggal 

 
Auto Text : untuk menyisipkan teks

 
Field : untuk menyisipkan field

 
Symbol : untuk menyisipkan simbol

 
Comment : untuk menyisipkan komentar dan catatan

 
Reference : untuk menyisipkan footnote, caption, cross reference, dan index


Picture : untuk menyisipkan gambar 


Diagram : untuk menyisipkan diagram 


Text Box : untuk menyisipkan text box 





Bookmark : untuk menyisipkan bookmark 


Hyperlink : teks atau grafik yang kita kirimkan ke suatu file, dokumen HTML



5. Format
Menu Format berfungsi untuk menentukan jenis huruf, paragraf, memberikan penomoran, membuat jenis kolom dalam teks, memberi bingkai dan arsiran, mengatur huruf besar dan kecil dan berbagai hal yang berkaitan dengan format dokumen. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi menu format, berikut berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu format.
Fungsi Menu Format :
Font : untuk menentukan jenis huruf dan atributnya.


Paragraph : untuk menentukan jenis paragraf 



Bullet and Numbering : untuk memberikan bullet dan penomoran 


Border and Shading : untuk memberikan bingkai dan arsiran


Columns : untuk membuat jenis columns 



Tabs : untuk menentukan batas tabulasi



Drop Cap : untuk memberikan efek drop cap (Huruf Pertama dari Kalimat akan memiliki ukuran yang lebih besar daripada huruf selanjutnya)


Text Direction : untuk mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik pada Text Box


Change case : untuk mengatur huruf besar dan kecil


 pada Change Case ada beberapa Pilihan untuk mengatur letak huruf Kapital pada teks yang dipilih.
 Sentense Case
merupakan pilihan pada Change Case untuk membuat Huruf Kapital hanya di awal kata pada teks yang dipilih
Contoh :
Kjp group 

Lowercase
merupakan pilihan pada Change Case untuk membuat teks yang dipilih tidak memiliki huruf Kapital baik di awal, maupun di akhir kalimat.
Contoh :
kjp group

Uppercase
merupakan pilihan pada Change Case untuk membuat teks yang dipilih menjadi Huruf Kapital secara keseluruhan
Contoh :
KJP GROUP 

Capital Each Word
merupakan pilihan pada Change Case untuk membuat teks yang dipilih menjadi Kapital disetiap awal kata.
Contoh :
Kjp Group

Toggle Case
merupakan pilihan pada Change Case untuk membuat teks yang dipilih Kapital kecuali di awal kalimat.
Contoh :
kJP gROUP
      
Page Color : untuk memberikan warna latar belakang dokument yang dikerjakan



Theme : untuk mengatur format tampilan theme yang akan digunakan pada sebuah halaman web, dokumen, dan pesan email.

Frame : untuk membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkan di sebelah kiri halaman frame. 

Auto Format : untuk mengubah format menjadi format dokumen atau surat

Styles and Formating : untuk mengubah style dan format

Reveal and Formating : untuk menampilkan task panel reveal formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks. 
Object : untuk memformat object

6. Tools
Menu Tools berfungsi untuk memeriksa ejaan, memilih bahasa yang dikehendaki, menghitung banyak kata atau karakter, memproteksi dokumen, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Tools berikut ini.

Fungsi Menu Tools :
 
Spelling and Grammar : untuk memeriksa ejaan (biasanya berbasis kepada format English seperti bawaan Windows)

Language : untuk memeriksa ejaan


File Broken Text : untuk mengatur dan menyusun text yang berantakan atau tak beraturan (fasilitas ini terdapat dalam Microsoft Word Window XP) 

Word count : untuk menghitung banyaknya kata, paragraf, baris, karakter, dan halaman


Auto Summarize : untuk merangkum poin-poin secara otomatis dalam dokumen

Speech : untuk mengubah perintah keyboard/mouse dengan suara menggunakan bahasa yang dikenal oleh Microsoft Office 

Track Change : untuk menandai perubahan-perubahan yang dilakukan dalam dokumen terakhir/baru atau yang sedang dikerjakan, dan mencatat setiap perubahan tersebut saat dilihat kembali.

Compare and Combine Document : untuk membandingkan dan menggabungkan dokumen


Protect Document : untuk memproteksi dokumen


7. Table
Menu Table berfungsi untuk membuat tabel, menyisip tabel dalam teks dokumen, mengurutkan data, dan segala hal yang berkaitan tabel. Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Table berikut ini.

Fungsi Menu Table :
  • Draw Table : untuk menggambar tabel
  • Insert : untuk menyisipkan tabel, kolom, baris, atau sel
  • Delete : untuk menghapus table, kolom, baris, atau sel
  • Select : untuk menyeleksi tabel, kolom, baris, atau sel
  • Merge Cells : untuk menggabungkan sel-sel terpilih
  • Split Cells : untuk membagi sel kolom pada tabel menjadi beberapa sel kolom yang lebih kecil
  • Split Table : untuk memisahkan tabel
  • Table auto Format : untuk membuat format tabel secara otomatis
  • Autofit : untuk menyesuaikan lebar kolom pada tabel dengan lebar window secara otomatis
  • Heading Rows Repeat : untuk menunjuk baris terpilih untuk menjadi heading table yang diulang pada halaman selanjutnya.
  • Convert : untuk mengkonversi bentuk teks ke bentuk tabel atau sebaliknya
  • Sort : untuk mengurutkan data
  • Formula : untuk memberikan formula (perhitungan matematika)
  • Show Gridlines : untuk memunculkan atau menyembunyikan garis bantu
  • Table Properties : untuk menampilkan properties untuk tabel

8. Window
Menu Window berfungsi untuk membuka jendela baru, menyusun semua jendela yang aktif dan melihat dokumen yang sedang aktif. Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Windo berikut ini.
Fungsi Menu Window :
  • New Window : untuk membuka jendela baru
  • Arrange All : untuk menyusun semua jendela yang aktif
  • Split : untuk membagi lembar kerja yang aktif menjadi dua bagian
  • 1 Document2 : untuk melihat seluruh dokumen yang aktif

9. Help
Salah satu fungsi Menu Help adalah memunculkan fasilitas help yang bisa membantu kita menyelesaikan masalah yang dihadapi pada saar menggunakan fasilitas Microsoft Word, termasuk informasi mengenai suatu ikon. Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Help berikut ini.
Fungsi Menu Help :
  • Microsoft Word Help : untuk memunculkan fasilitas help yang bisa membantu kita menyelesaikan masalah.
  • Show the Office Assistant : untuk menampilkan atau menyembunyikan office assistant
  • What’s This : untuk meminta penjelasan mengenai icon yang ditunjuk
  • Office on the Web : untuk meminta informasi terkini dari office web site
  • Activate Product : untuk memunculkan Activate Product
  • Word Perfect Help : untuk memberikan informasi bagi pemakai Word Perfect
  • Detect and Repair : untuk mencari dan memperbaiki kesalahan secara otomatis
  • About Microsoft Word : untuk menampilkan informasi mengenai program Microsoft Word yang kita gunakan.





CARA PENGOPERASIAN MICROSOFT WORD

Cara Pengoperasian Microsft Word tergolong mudah mengingat penggunaannya seputar pengetikan saja. dan tidak terkait pada Rumus juga Pengolahannya seperti Work sheet pada Blogger.
Jadi , its kind of easy to use.
oke, right now, i`m gona teach u guys about bagaimana caranya membuat Tampilan Pengetikan anda terlihat menarik.
Meliputi Ukuran Kertas, Font , Spacing, Background, Tabel juga beberapa masukan dari Pengalaman Pribadi saya selama bekerja dengan Microsoft Word.

baiklah, langsung saja kita bahas Beberapa Trik dan Cara Mudah bekerja Pada Lembar Kerja Microsoft Word


CARA MERUBAH SPACING PADA MICROSOFT WORD 

Langkah Pertama, buka Microsoft Word pada Komputer anda, kemudian Pilih Tab Page Layout pada barisan Tab Home, setelah itu, ubah Spacing dari 10pt. menjadi 0pt.
lihat gambar untuk lebih detailnya.



setelah merubah menjadi 0pt. anda bisa mengetik dengan rapi .
namun, dalam Makalah para Dosen meminta untuk membuat Spacing nya menjadi 1,5 atau 2 atau 1,15. 
hal ini disesuaikan bukan dari Page Layout, melainkan dari Spacing di Home.
lihat gambar





pada gambar diatas, merupakan Button untuk menyesuaikan Spacing sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.
yang perlu anda lakukan hanyalah block semua ketikan anda, lalu sesuaikan Spacing seperti kebutuhan anda.
setelah disesuaikan, anda tinggal perlu merapikan beberapa Kalimat yang mungkin tergeser kebawah pada ketikan anda.
  

CARA MERUBAH PAPER SIZE PADA MICROSOFT WORD

Paper Size berguna untuk menyesuaikan Ukuran Kertas pada saat ketikan akan di Print.
Penyesuaian Paper Size biasanya sudah dilakukan diawal Pengetikan, tapi, ada beberapa orang yang kurang mengerti perbedaan antara Opsi Peper Size tersebut pada Microsoft Word 
Sebenarnya, cukup berbeda antara ukuran Letter, A4, F4/ Legal, Executive, A5.
dan Penyesuaian dibutuhkan untuk membuat Tulisan yang rapi saat memindahkan Ukuran Letter menjadi A4 atau A4 menjadi Executive atau Legal menjadi A4.

Bagi anda yang belum mengetahui letak Paper Size pada Microsoft Word , lihat gambar.







namun, berbeda bila anda ingin mengubah Ukuran Kertas anda menjadi F4/ Legal
sebenarnya, Ukuran F4/ Legal adalah 8,5 x 13 cm. namun pada Microsoft Word, terformat 8,5 x 14 cm. jadi anda harus merubah 14cm tersebut menjadi 13cm secara Manual

caranya ?
Setelah anda membuka Page Layout Microsoft Word pada Toolbar, Pilih Page Setup (Lihat Gambar)






setelah itu, akan muncul tampilan Page Setup yang lebih rinci seperti ini






Kemudian Pilih Paper, lalu Ubah Height pada Format Kertas Legal menjadi 13.



CARA MEMBUAT TITIK TITIK PADA DAFTAR ISI MENJADI RAPI DAN SAMA PANJANG

Pembuatan Titik Titik pada Daftar isi biasanya dilakukan secara manual oleh kebanyakan orang, kan ?
dan, akui lah... terasa sangat mengesalkan apabila panjang dari titik - titik tersebut tidak sama atau bergeser beberapa mili dari titik diatasnya. ohh, i know that feel better then any one dude lol
so, disini saya akan memberikan sedikit trik agar memudahkan para Mahasiswa untuk membuat Daftar isi tanpa harus Ribet menyesuaikan Titik - titik tersebut yang kadang sampai memakan waktu berjam jam.

Langkah Pertama,
Buka Microsoft Word anda, Buka Page Layout, lalu Klik tombol Paragraph di Page Layout tersebut,
lalu akan muncul jendela seperti dibawah ini



Lalu Pilih Tombol Tabs . . . tersebut, akan muncul jendela ini



lalu, tetapkan 2 Angka yang anda ukur melalui Penggaris di atas Lembar kerja anda,
Angka Pertama di set pada None untuk Tab Pertama lalu tekan Set.
Angka Kedua untuk Tab kedua dan di Set pada Motif yang anda inginkan, apakah garis, apakah titik titik , atau lainnya.

INGAT, JANGAN LUPA TEKAN SET pada setiap Angka yang anda Tetapkan Motifnya.



setelah anda melakukan itu, yang perlu anda lakukan untuk membuat Titik - titik yag rapi hanyalah menekan Tab pada Keyboard anda.
lalu hasilnya akan seperti ini



anda ketik, lalu anda tekan Tab , apabila belum sampai pada batas pertama pada angka yang anda tetapkan pada Gambar pertama.
Apabila Panjang Ketikan anda belum sampai pada Tab di Angka yang anda tetapkan pertama kali (Motif None) maka tekan lah tab sekali lagi untuk memunculkan motif yang anda set pada Angka kedua,
apabila telah melewati Angka Pertama, maka anda hanya perlu menekan Tab 1 kali lalu sisanya akan di sesuaikan oleh Sistem.


CARA MEMBUAT WATER MARK PADA LEMBAR KERJA MICROSOFT WORD

Mungkin menurut beberapa Orang Water Mark tidak terlalu diperlukan untuk pengerjaan Pengetikan seperti makalah atau Surat.
namun, tanpa disadari, Watermark berperan penting untuk anda, agar karya anda dikenali.
Jangankan Surat, sedangkan Blog ini saja saya beritahukan nama saya sendiri. walaupun ini blog perusahaan. lol jadi Curhat

Watermark bisa diletakkan di Belakang Tulisan secara samar - samar akan terlihat oleh Pembaca dari Lembar Kerja yang anda Print.
Langsung saja,
Buka Microsoft Word anda,
Pilih Page Layout lalu pilih Watermark pada Kolom Page Background lalu Pilih Custom Watermark, lalu akan muncul jendela menu seperti ini


disitu ada beberapa pilihan No Watermark, Picture Watermark dan Text Watermark
anda tinggal memilih Watermark sesuai dengan keinginan anda, dan anda dapat mengatur Posisi Watermark tersebut di Jendela Menu Watermark tersebut.


sebagai Contoh saya akan membuat Watermark dari Text Watermark dengan Tulisan "KJP Group"

Setelah saya membuka Microsoft Word, saya membuka Panel Window Watermark , lalu saya memilih Text Watermark


setelah saya menyesuaikan font yang saya inginkan, lalu saya tekan Aply untuk pratinjau.

apabila dalam keadaan Diagonal Watermark akan miring sepanjang Lembar kerja.
seperti ini





namun bila Horizontal, maka akan menjadi lurus dari kiri ke kanan sepanjang Lembar kerja, seperti ini




setelah menyesuaikannya dengan apply untuk pratinjau, anda bisa tekan Close pada Jendela Perintah Watermark .

lalu berikutnya, mari bahas tentang membuat tabel pada Microsoft Word.
membuat Tabel pada Microsoft Word sangat mudah, bahkan anda bisa mengkreasikan bentuk dan pola dari tabel itu sendiri dengan mudah seolah anda menggambarnya (secara harfiah, anda memang bisa menggambar tabel pada microsoft word)
yosh, cektiddot aja.
saya akan membuat tabel seperti ini pada Microsoft Word




dengan colums yang hanya 3 dan rows yang berjumlah lebih dari 10, maka anda tidak bisa meng - insert tabel dari tabel kolom, anda harus meng - insert secara manual colum dan rows nya dengan angka.

oh iya, buat yang belum tau apa itu colums dan rows pada Micrsoft Word, sini tak jelasin sek toh (loh )
secara sederhana dapat di artikan bahwa Colums adalah kolom yang horizontal sedangkan Rows adalah kolom yang Vertikal.

okeh, balik lagi ke topik (tp ,, aku kan cowok , masa balik ke topik? lol )
cara meng - insert angka jumlah colums dan rows secara manual adalah dengan cara meng - klik Table pada Toolbar Insert setelah itu klik insert table dan akan muncul jendela seperti ini

 see ? 25 di Rows, dan 3 di Colums untuk meng - insert tabel seperti gambar pertama.
setelah anda meng - input seperti yang saya lakukan, lalu akan muncul hasil awal seperti ini





untuk membuat tabel seperti tampilan pada gambar pertama, maka yang harus kita lakukan dari hasil awal ini adalah menyesuaikannya dengan cara menghapus beberapa garis table (diriku tidaktahu nama formalnya >_<)
untuk menghapusnya , klik Design pada Toolbar dari Table itu sendiri, lalu klik Eraser
setelah anda menghapus garis yang tidak dibutuhkan, maka pekerjaan anda sudah selesai.
yang anda tinggal lakukan dari hasil awal itu hanyalah menyesuaikan lagi sesuai dengan kebutuhan anda.
misalnya : judul dari bar itu, atau nama - nama untuk di kolom paling atas yang biasanya digunakan untuk acuan sebuah tabel.

Suka dengan Artikel diatas ?
Download Disini


 Best Regards, 


KJP Group 

1 comment: